Hal-hal yang berhubungan dengan otak

Posted on 13 April 2011.

1. Royal Jelly Memperbaiki Kondisi Mental & Gangguan Memori

Kita pasti sudah mengenal royal jelly bukan ? Tahukah Anda, ternyata mengonsumsi royal jelly secara rutin dapat memperbaiki kondisi mental dan juga gangguan memori. Tidak hanya itu saja, royal jelly juga memilki banyak khasiat lainnya, seperti mengatasi insomnia, gangguan lever. ginjal, dan pankreas.

2. Mencegah Kebocoran Brain-Barrier (Otak)

Menikmati makanan berlemak ditambah dengan kopi bukanlah hal yang buruk bagi kesehatan. Sebaliknya, menyantap makanan berlemak seperti donat dengan secangkir kopi justru dapat melindungi blood-brain. Kafein dapat mencegah beberapa efek yang merusak dan kolesterol penyebab kebocoran brain-barrier. Hal tersebut merupakan hasil riset University of Nort Dakota School of Medicine and Health Sciences.

3. Teh Melindungi Otak dari Penyakit karena Penuaan

Otak kerap kali menjadi sasaran penyakit di usia lanjut, seperti penyakit alzheimer (pikun). Jadi, melindungi otak dari penyakit-penyakit yang mungkin menyerang saat memasuki usia lanjut merupakan hal yang sangat penting. Menurut hasil riset di Douglas Hospital Research, teh hijau dan teh hitam memiliki kemampuan untuk mencegah penyakit-penyakit yang dapat menyerang otak di saat lanjut usia. Oleh karenanya, para ahli menyarankan para lansia mengonsumsi teh hijau atau teh hitam, 2 gelas sehari, agar otak terlindung dari penyakit, terutama berkaitan dengan syaraf ingatan.

4. Mendukung Tumbuh Kembang Otak Anak

Tumbuh kembang otak anak dapat dibantu dengan memberikan nutrien AA (asam arakhidonat) dan DHA (asam dokosaheksaenoat). Kedua nutrien tersebut biasanya terdapat dalam produk-produk susu. Pastikan Anda memberikan susu yang memiliki kedua nutrien tersebut untuk mendukung pertumbuhan otak anak.

5. Minyak Zaitun Meredakan Nyeri pada Kepala

Rasa nyeri pada kepala dapat berupa rasa berputar-putar atau rasa seperti ditusuk. Meredakan rasa nyeri seperti itu dapat diatasi dengan menggunakan bahan alami, yakni minyak zaitun. Menurut ahli molekular gastronomi, minyak zaitun yang diperoleh dari hasil ekstrasi buah zaitun segar memiliki senyawa oleochantal seperti yang terkandung dalam obat penghilang nyeri.

6. Meningkatkan Kesehatan Otak

Ada banyak hal yang dapat membantu dalam meningkatkan kesehatan otak, antara lain melakukan aktivitas fisik atau olahraga, melakukan aktivitas yang menggabungkan tantangan dengan kecepatan, melindungi kepala dari benturan apa pun, membatasi diri dalam mengonsumsi alkohol maupun kafein, melakukan rileks secara konstruktif, dan memiliki waktu tidur yang cukup.

7. Meningkatkan Kekuatan Otak

Kekuatan otak dapat ditingkatkan dengan memperbanyak konsumsi ikan, sayur, dan buah. penis ikan yang dapat membantu meningkatkan kekuatan otak misalnya salmon, tuna, dan ikan-ikan lain yang tinggi asam lemak omega-3. Sayur-sayuran yang berdaun hijau tua dan buah blueberry juga dipercaya dapat meningkatkan kekuatan pada otak.

8. Konsumsi Daging Menguatkan Daya Ingat

Makanan yang banyak mengandung vitamin B 12 seperti yang terdapat dalam daging, ikan, dan susu ternyata dapat membantu memperkuat ingatan. Bagi Anda yang memiliki masalah dengan daya ingat disarankan untuk mengonsumi banyak makanan tersebut. Daging merah yang mengandung vitamin B 12 tersebut dapat memproduksi glukosa yang merupakan bahan bakar kinerja otak.

9. Air Daun Salam Meredakan Migrain

Bagi Anda yang menderita migrain kini ada bahan alami yang mampu meredakan migrain tanpa harus mengonsumsi obat tertentu. Bahan alami tersebut adalah daun salam karena kandungan partenolidanya. Cukup rebus daun salam dan minum air rebusannya maka migrain akan berangsur sembuh.

10. Cara Meningkatkan Kekuatan Otak

Anda hanya perlu melakukan beberapa perubahan untuk meningkatkan kekuatan otak dan mempertajam ingatan, diantaranya :
a. Anda harus membiasakan diri mengonsumsi ikan, makanlah 2 saji ikan setiap nunggu.
b. Anda juga harus membiasakan makan salad setiap hari, sayuran hijau memiliki khasiat yang sangat tinggi—salah satunya yaitu vitamin E.
c. jangan lupa memeriksakan gula darah dan pendengaran secara rutin. Gangguan pendengaran dapat mempengaruhi daya tangkap otak dan kadar gula darah yang tinggi dapat menyebabkan kerusakan otak.

11. Meningkatkan Kejernihan Pikiran & Kecepatan Berpikir

Hasil penelitian Wheeling Jesuit University menyatakan bahwa memakan beberapa potong cokelat susu dapat meningkatkan kejernihan dalam berpikir dan menambah kecepatan dalam berpikir. Theobromine dan phenethylartnne yang terdapat dalam cokelat susu dapat meningkatkan darah ke frontal lobe otak yang mengatur perhatian.

12. Menjaga Emosional

Tindakan yang dilakukan dengan emosional kurang baik terhadap diri sendiri maupun orang lain. Oleh karenanya, pengendalian perlu dilakukan. Caranya:
a. Jangan selalu memikirkan hal-hal yang negatif dalam hidup.
b. Belajarlah terbuka untuk menghindari stres.
c. Cobalah mengenali perasaan sendiri.
d. Bila emosi Anda sedang tidak stabil, cobalah teknik relaksasi.

13. Meningkatkan Kejernihan Pikiran

Cokelat hitam ternyata dapat meningkatkan kejernihan berpikir, melancarkan peredaran darah, dan meningkatkan kesejahteraan. Jadi, untuk kejernihan berpikir sangat disarankan untuk memakan cokelat hitam.

14. Menajamkan Ingatan

Menurut penelitian di Inggris, anak yang mengonsumsi lebih banyak vitamin C memiliki kemampuan mengingat yang lebih tajam dibandingkan anak yang kurang mengonsumsi vitamin C. Vitamin C dipercaya dapat menghilangkan hormon sires pada anak melebihi 30%.

15. Berbicara secara Cepat dan Tepat

Salah satu penyebab seseorang lama dalam memilih kata yang tepat pada saat berbicara disebabkan kurangnya kualitas tidur, seperti jam tidur yang tidak teratur atau kurangnya waktu tidur. Cara termudah mengatasinya yaitu dengan menggerakkan tangan. Menurut hasil riset University of Chicago menggerakkan tangan pada saat berbicara dapat membantu ingatan Anda terhadap sesuatu yang ingin Anda katakan.

16. Mengurangi Risiko Stroke

Empat langkah sederhana mengurangi risiko terserang stroke antara lain, mengatur pola makan sehat, berhenti merokok, melakukan pemeriksaan tekanan darah dan kadar kolesterol secara rutin, serta rajin berolahraga. Menjalankan empat langkah tersebut dapat memantau kesehatan dan tekanan darah sehingga dapat mengurangi risiko terserang stroke.

17. Melatih Otak

a. Cobalah berikan tantangan pada diri Anda, seperti melakukan ourbond atau mengisi teka-taki silang.
b. Buatlah catatan rencana dalam sebuah notes, seperti janji-janji yang harus ditepati dan kegiatan apa saja yang akan dilakukan.
c. Pusatkan konsentrasi Anda pada saat belajar sesuatu yang baru. Gunakan seluruh pancaindra Anda secara maksimal untuk mempelajarinya.
d. Berikan batasan waktu tertentu pada saat Anda mulai mempelajari sesuatu yang baru, misalnya Anda menargetkan dalam waktu satu minggu sudah dapat menguasai teknik bermain biola.
e. Lakukanlah interaksi sosial dengan prang lain sesering mungkin.
f. Jangan biarkan stres menghinggapi Anda, olahraga secara teratur, dan tidur yang cukup.

18. Menurunkan Risiko Stroke

Menurut hasil riset Medical College o Georgia, kunyit atau curcumin secara berkala menurunkan risiko ukuran gumpalan darah yang menjadi pemicu terjadinya stroke. Selain itu, para ahli juga menduga bahwa anti-inflammatory dan antioksidan yang terkandung di dalamnya juga turut berperan dalam menurunkan risiko stroke.

19. Meningkatkan Konsentrasi Anak

Hasil riset membuktikan bahwa sarapan havermut dapat meningkatkan daya konsentrasi pada anak hingga 20%. Hal ini disebabkan havermut dapat mencegah penurunan energi yang akhirnya menyebabkan otak sulit untuk berpikir jernih.

20. Senam untuk Melepas Stres

Jongkoklah di lantai. Turunkan pinggul hingga menyentuh tumit sambil menghembuskan napas secara perlahan. Berbungkuklah ke depan hingga dahi menyentuh permukaan lantai. Regangkan tangan ke belakang dengan posisi telapak tangan menghadap ke atas. Tarik napas dalam, tekan perut hingga ke paha dan lepaskan secara perlahan. Ulangi bernapas sebanyak empat kali.

21. Mencegah Stres

Langkah awal untuk mencegah stres adalah mengetahui hal-hal apa saja yang dapat memicu datangnya stres. Setelah mengetahuinya, hindarilah dan mulailah menetapkan tujuan dan harapan secara realistis yang memungkinkan Anda dapat mewujudkannya. Jangan pernah membiarkan orang lain mengatur atau menuntut sesuatu yang tidak mungkin Anda capai. Hal penting terakhir agar tidak stres adalah luangkan waktu Anda setiap hari untuk rilekskan pikiran.

22. Meredakan Stres

Duduklah di lantai atau di sebuah kursi dengan santai dan rileks. Kemudian pejamkan mata, ambil napas melalui hidung secara perlahan dan keluarkan. Rasakan setiap hembusan napas yang masuk atau keluar melalui hidung Anda. Sambil melakukan hal itu bayangkan tentang sesuatu yang membuat Anda rileks. Lalukanlah kegiatan tersebut selama kurang lebih 20 menit sehari.

23. Menghindari Stres Lewat Makanan

Stres dapat dipicu oleh makanan atau minuman. Ada beberapa makanan dan minuman yang harus dihindari bila Anda tidak ingin terkena stres. Makanan dan minuman yang yang harus dihindari seperti kopi, teh, soda, dan cokelat karena dapat meningkatkan kadar hormon stres. Hindari mengonsumsi gula dan alkohol yang berlebihan karena dapat membahayakan kelenjar adrenal yang mengatur hormon stres.

24. Mencegah Stroke

Salah satu cara ampuh dalam mencegah stroke yaitu dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang alami seperti padi-padian utuh, ikan, jeruk, tomat, apel, sayuran kaya serat, dan air putih. Selain itu, kelola stres dengan bijak, tidak merokok. Lakukan olahraga seperti lari, berenang, lompat tali, atau aktivitas fisik kegemaran Anda lainnya.

25. Meredakan Sakit Kepala

Sakit kepala terkadang datang begitu saja secara tiba-tiba. Saat sakit kepala menyerang,redakan dengan mengonsumsi paprika. Paprika mengandung capsaisin yang dapat menghalangi aktivitas otak pada saat menerima sinyal rasa sakit dari pusat sistem saraf. Dengan begitu, secara otomatis sakit kepala akan berkurang.

26. Meningkatkan IQ

Cara yang paling mudah untuk meningkatkan IQ ialah bersosialisasi dengan orang lain. Menurut hasil riset University of Michigan, berbicara dan tertawa merupakan cara yang paling ampuh dalam melatih otak.

27. Mengatasi Depresi

Mengatasi depresi tidak dapat dilakukan secara instan dan serta merta. Namun, bila Anda mengalami depresi, dapat dikurangi dengan olahraga dan perbanyak mendapatkan sinar matahari pagi.

28. Cara Mudah Mengatasi Stres Karena Takut

Bila mengalami stres yang disebabkan perasaan takut atau gelisah, mungkin Anda harus mempraktikkan tips berikut ini. Duduklah di kursi dengan posisi tubuh tegak. Lalu tarik napas panjang sambil mengangkat bahu ke arah telinga. Kemudian lepaskan napas secara perlahan-lahan dan ulangi kegiatan tersebut beberapa kali.

29. Menenangkan Saraf dengan Vitamin

Cara menenangkan saraf dengan mengonsumsi makanan yang mengandung folic acid (folat), yaitu sejenis vitamin B yang meningkatkan semangat. Konsumsi makanan yang mengandung vitamin B 12 dapat meningkatkan energi. Terakhir, pilih makanan dengan kandungan antioksidan yang tinggi, seperti vitamin C, E, dan mineral untuk membantu memperbaiki sel-sel rusak akibat stres.

30. Memperlancar Fungsi Sistem Saraf

Salah satu manfaat yang diberikan oleh lemak adalah memperlancar fungsi sistem saraf. Selain itu, jenis lemak baik, seperti asam lemak tidak jenuh dapat bermanfaat dalam menjaga keseimbangan gula darah dan menurunkan kolesterol jahat.

31. Mengatasi Gangguan Saraf dan Pembuluh Darah

Salah satu alternatif yang dapat mengatasi gangguan yang terjadi pada saraf maupun pembuluh darah yakni terapi impuls. Terapi impuls merupakan metode pengobatan yang memadukan akupunktur, totok darah, tenaga dalam, dan manipulasi listrik.

32. Mengatasi Sulit Berkonsentrasi

Bila sulit berkonsentrasi, cobalah makan makanan yang banyak mengandung tyrosine dan henylalamine, seperti yang terkandung dalam daging sapi atau ayam. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan terapi pijat yang dipercaya dapat meningkatkan kemampuan otak untuk konsentrasi sebesar 50%.

33. Cara Menghentikan Stres

Stres merupakan suatu hal yang tak terhindarkan. Namun, ada banyak cara untuk menghentikannya, antara lain bermain kartu sambil bercerita atau mendengarkan lelucon, melakukan aktivitas yang ritmik dan pergi ke taman untuk menghirup udara segar dan merasakan hangatnya sinar matahari, mengistirahatkan tubuh Anda, atau melakukan yoga.

34. Cokelat Hitam Atasi Migrain

Kunci utama untuk mengatasi migrain dengan mengonsumsi makanan yang banyak mengandung magnesium. Beberapa makanan yang banyak mengandung magnesium yaitu biji labu, bayam, cokelat (terutama cokelat hitam). Namun, bila semua itu belum mencukupi kebutuhan magnesium Anda, dapat pula ditambah dengan suplemen magnesium.

35. Mencegah Sakit Kepala

Ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya sakit kepala. Beberapa di antaranya telur yang direbus matang, keju, dan kacang-kacangan. Makanan tersebut banyak mengandung protein yang dapat mencegah terjadinya sakit kepala.

36. Mengatasi Sakit Kepala

Bila Anda sering diserang sakit kepala sebaiknya Anda luangkan waktu sejenak untuk tidur pada siang hari. Gosokkan balsam secara memutar di bagian belakang leher dan pelipis untuk membantu melancarkan aliran darah.

37. Terapi Warna untuk Konsentrasi

Siapkan sepotong semangka berwarna merah lalu pandangi selama beberapa menit. Warna merah tersebut dapat memicu pelepasan adrenalin yang dapat membangkitkan energi. Kemudian pandangi tumbuhan hijau yang ada di sekitar Anda. Warna hijau tersebut dapat mengalihkan otak dari gelombang alpa stres ke gelombang beta yang tenang dan membuat kondisi mental Anda siap untuk berkonsentrasi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s