Tes: Apakah Anda mengalami kekerasan seksual?

sexabuseeBerikut adalah kuis tentang pengalaman seksual Anda. Kuis ini bertujuan untuk mengidentifikasi ada tidaknya kekerasan seksual dalam hubungan Anda. Kuis ini khusus didesain untuk perempuan sebagai pihak yang paling banyak mengalami kekerasan seksual. Secara keseluruhan kuis ini bisa digunakan untuk mengetahui kekerasan seksual yang mungkin Anda alami dalam seluruh dimensi kehidupan Anda, bukan hanya ketika berhubungan dengan pasangan Anda.

Tidak ada salah benar dalam jawaban yang Anda berikan. Anda hanya merespons berdasarkan apa yang benar-benar telah Anda alami. Lingkari tingkat keseringan kejadiannya.

1.  Pernahkah Anda tetap melakukan permainan seks (raba-raba, cium,petting, tetapi tidak berhubungan seks atau intercourse) ketika Anda tidak menginginkannya, karena Anda ditekan dan diserang dengan argumen secara terus menerus?

Jika tidak, lanjutkan ke pertanyaan nomor 2

Jika ya, seberapa sering hal itu terjadi?         1    2    3     4     5    atau lebih

2. Pernahkah Anda pernah tetap melakukan permainan seks (raba-raba, cium,petting, tetapi tidak berhubungan seks atau intercourse) ketika Anda tidak menginginkannya, karena Anda ditekan dengan menggunakan kekuasaan yang dimilikinya (misalnya bos,  suami)?

Jika tidak, lanjutkan ke pertanyaan nomor 3

Jika ya, seberapa sering hal itu terjadi?          1    2     3    4     5    atau   lebih

3. Pernahkah Anda pernah tetap melakukan permainan seks (raba-raba, cium,petting, tetapi tidak berhubungan seks atau intercourse) ketika Anda tidak menginginkannya, karena Anda diancam atau dipaksa secara fisik (mengepit lengan Anda, memegang Anda, dan lainnya) untuk membuat Anda melakukannya?

Jika tidak, lanjutkan ke pertanyaan nomor 4

Jika ya, seberapa sering hal itu terjadi?            1    2     3    4    5    atau   lebih

4. Pernahkah laki-laki memaksa melakukan hubungan seksual dengan Anda (berada di atas Anda dan mencoba memasukkan penis ke dalam vagina Anda) ketika Anda tidak menginginkannya dengan cara mengancam atau menggunakan kekuatan fisiknya, tetapi hubungan seksual tidak terjadi?

Jika tidak, lanjutkan ke pertanyaan nomor 5

Jika ya, seberapa sering hal itu terjadi?            1    2     3    4    5    atau   lebih

5. Pernahkah laki-laki memaksa melakukan hubungan seksual dengan Anda (berada di atas Anda dan mencoba memasukkan penis ke dalam vagina Anda) ketika Anda tidak menginginkannya dengan cara memberikan Anda alkohol atau obat-obatan, tetapi hubungan seksual tidak terjadi?

Jika tidak, lanjutkan ke pertanyaan nomor 6

Jika ya, seberapa sering hal itu terjadi?            1    2     3    4    5    atau   lebih

6. Pernahkah Anda tetap melakukan hubungan seksual (intercource) ketika Anda tidak menginginkannya karena Anda ditekan dan diserang dengan argumen secara terus menerus?

Jika tidak, lanjutkan ke pertanyaan nomor 7

Jika ya, seberapa sering hal itu terjadi?            1    2     3    4    5    atau   lebih

7. Pernahkah Anda tetap melakukan hubungan seksual (intercource) ketika Anda tidak menginginkannya karena Anda ditekan dengan menggunakan kekuasaan yang dimilikinya (misalnya bos, suami)?

Jika tidak, lanjutkan ke pertanyaan nomor 8

Jika ya, seberapa sering hal itu terjadi?            1    2     3    4    5    atau   lebih

8. Pernahkah Anda tetap melakukan hubungan seksual (intercource) ketika Anda tidak menginginkannya dengan cara memberikan Anda alkohol atau obat-obatan

Jika tidak, lanjutkan ke pertanyaan nomor 9

Jika ya, seberapa sering hal itu terjadi?            1    2     3    4    5    atau   lebih

9. Pernahkah Anda tetap melakukan hubungan seksual (intercource) ketika Anda tidak menginginkannya dengan menggunakan kekuatan fisik pada Anda (mengepit lengan Anda, memegang Anda, dan lainnya)

Jika tidak, lanjutkan ke pertanyaan nomor 10

Jika ya, seberapa sering hal itu terjadi?            1    2     3    4    5    atau   lebih

10. Pernahkah Anda melakukan aktivitas seks (anal atau oral, atau penetrasi dengan objek lain selain penis) ketika Anda tidak menginginkannya karena laki-laki mengancam atau menggunakan kekuatan fisik pada Anda?

Jika tidak, lanjutkan ke pertanyaan nomor 11

Jika ya, seberapa sering hal itu terjadi?            1    2     3    4    5    atau   lebih

11. Apakah Anda menjawab “YA” untuk semua pertanyaan dari nomor 1  sampai 10?

Jika ya, lihat kembali pertanyaan 1 sampai 10. Apakah pertanyaan yang paling sering terjadi pada Anda?

1   2   3   4   5   6   7   8   9  10

Penilaian

  • Anda tidak mengalami kekerasan seksual jika menjawab tidak untuk semua pertanyaan.
  • Anda akan digolongkan menjadi korban perkosaan jika menjawab “YA” untuk pertanyaan nomor 8, 9 atau 10.
  • Anda akan digolongkan mengalami pemaksaan seksual jika menjawab “YA” untuk pertanyaan nomor 6 atau 7, tetapi menjawab “TIDAK” untuk pertanyaan nomor yang lebih tinggi (8, 9, dan 10).
  • Anda akan digolongkan sebagai korban percobaan perkosaan jika menjawab ‘YA” untuk pertanyaan nomor 4 atau 5, tetapi menjawab “TIDAK” untuk pertanyaan nomor yang lebih tinggi (6, 7, 8, 9, 10)
  • Anda akan digolongkan sebagai korban kontak seksual jika menjawab “YA” untuk pertanyaan nomor 1, 2 atau 3, tetapi menjawab “TIDAK” untuk pertanyaan nomor yang lebih tinggi (4, 5, 6, 7, 8, 9, 10).

Sumber: Adaptasi dari Koss & Gidycz (1985), Sexual Experience Survey: reliability and validity. Journal of Consulting and Clinical Psychology; 53 : 422–423.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s